Apakah MEN 1 Sama dengan MEN 2?

MEN 1 dan MEN 2 adalah kondisi yang benar-benar berbeda karena gen yang cukup terpisah. Perilaku dan jenis aktivitas berlebihan endokrin berbeda. MEN 1 juga dikenal sebagai MEA 1 (Multiple Endocrine Adenomatosis Type 1) dan Wermer's Syndrome (setelah Dr. Wermer).

Apakah MEN 1 Penyebab Kanker?

Sebagian besar masalah endokrin yang berhubungan dengan MEN 1 tidak bersifat kanker (ganas). Namun, keganasan dapat terjadi dan merupakan salah satu alasan mengapa orang yang mewarisi gen MEN 1 membutuhkan tes rutin. Jika keganasan berkembang, kemungkinan besar terjadi dalam kaitannya dengan pankreas dan thymus (thymus di dada). Keganasan pada MEN 1 jarang terjadi sebelum usia 30 tahun, dan kebanyakan orang dengan MEN 1 tidak pernah mengalami keganasan karena PRIA 1. Diyakini bahwa tes teratur akan mengarah pada diagnosis awal keganasan. Diharapkan diagnosis dini tumor tersebut akan mengurangi kemungkinan komplikasi serius.

Akankah Orang dengan Pria 1 Selalu Tahu bahwa PRIA 1 Berlari di Keluarga Mereka?
Seseorang tidak akan selalu tahu bahwa PRIA 1 berjalan dalam keluarga mereka. Dalam beberapa keluarga, kerabat tidak menyadari bahwa ada riwayat MEN 1. Gejala MEN 1 sangat bervariasi; beberapa orang hidup sampai usia lanjut dengan sedikit masalah kesehatan. Juga, banyak masalah kesehatan yang terkait dengan MEN 1 sering terjadi pada populasi umum. Kondisi seperti sakit maag, batu ginjal, dan kelelahan semuanya sangat umum di antara orang-orang tanpa PRIA 1. Karena alasan ini, PRIA 1 mungkin tidak dikenali dalam keluarga.

Apakah PRIA 1 Mempengaruhi Harapan Hidup?

Mayoritas orang dengan PRIA hidup melebihi usia 65 tahun. Dengan tes rutin dan pengobatan yang tepat (bila diperlukan), kebanyakan orang dengan PRIA 1 dapat berharap untuk menjalani kehidupan yang panjang dan produktif. Tindak lanjut medis yang teratur adalah, bagaimanapun, penting.

Dapatkah PRIA 1 Dicegah atau Sembuh?

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh mewarisi MEN 1 biasanya dapat dikontrol dengan perawatan yang tepat.

Karena MEN 1 disebabkan oleh gen yang tidak berfungsi, yang hadir di setiap sel tubuh, tidak mungkin untuk menyembuhkan PRIA 1. Menyembuhkan MEN 1 akan memerlukan penggantian gen yang rusak dalam miliaran sel-sel tubuh. Ada kemungkinan bahwa obat-obat di masa depan akan dikembangkan untuk mencegah MEN 1 terkait kelebihan kelenjar endokrin. Namun, di masa mendatang pengobatan orang dengan PRIA 1 akan terus didasarkan pada tes rutin, diagnosis dini masalah, dan pengobatan yang tepat (hampir selalu operasi pengangkatan adenoma yang terlalu aktif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar