Umur Berapa PRIA 1 Biasanya Hadir?

Kelenjar endokrin yang berbeda menjadi terlalu aktif pada waktu yang berbeda dalam kehidupan. Demikian pula, area yang berbeda dalam satu kelenjar endokrin akan menjadi terlalu aktif (atau mengembangkan adenoma) pada waktu yang berbeda selama hidup. Selain itu, efek MEN 1 bervariasi dari orang ke orang; tidak ada "standar" dengan MEN 1.

Secara umum, kemungkinan kelenjar endokrin beraktivitas berlebihan dan perkembangan adenoma meningkat seiring bertambahnya usia. Pada usia 30, kebanyakan orang yang mewarisi MEN 1 akan memiliki beberapa jenis kelebihan kelenjar endokrin. Over-aktivitas dari adenoma biasanya dapat dideteksi oleh tes darah khusus (pengukuran kalsium terionisasi dan hormon paratiroid dalam darah) sebelum orang mencapai usia 30. Gejala, bagaimanapun, tidak berkembang pada banyak orang dengan MEN 1 sampai mereka lebih tua dari 30. Untuk alasan ini, penting bagi semua orang yang berisiko untuk diuji untuk MEN 1, meskipun mereka mungkin merasa cukup baik.

Kelenjar Paratiroid Kelenjar Endokrin Biasanya Terkena Dampak oleh PRIA 1

Kelenjar paratiroid, kelenjar pituitari, dan pankreas paling sering terkena. Kelenjar paratiroid terpengaruh pada hampir semua orang yang mewarisi PRIA 1. Seringkali kelenjar endokrin pertama menunjukkan tanda-tanda overactivity. Overaktivitas kelenjar paratiroid (dikenal sebagai hiperparatiroidisme) sering berkembang selama masa remaja. Namun, lebih dari 95% orang dengan MEN 1 akan mengalami overaktivitas kelenjar paratiroid pada usia 30 tahun. Banyak orang dengan hiperparatiroidisme yang berhubungan dengan PRIA 1 tidak mengembangkan gejala yang jelas sampai mereka berusia di atas 30 tahun.

Pankreas adalah kelenjar yang paling sering terkena berikutnya di MEN 1. Banyak orang yang mewarisi MEN 1 mengembangkan adenoma pankreas kecil yang dapat dideteksi dengan mengukur hormon pankreas dalam darah. Jika dicurigai, CT scan atau ultrasound scan biasanya dilakukan untuk memeriksa pankreas lebih dekat. Adenoma ini biasanya tidak menghasilkan gejala dan umumnya berdiameter kurang dari 3 cm.

Kadang-kadang tumor pankreas kanker (ganas) berkembang. Untuk alasan ini, dianjurkan orang dengan PRIA 1 memiliki layar darah rutin dari hormon pankreas, dan bahkan pindaian pankreas untuk mendeteksi minoritas benjolan pankreas yang berisiko untuk mengembangkan keganasan. Keganasan pankreas jarang terjadi sebelum usia 30 tahun.

Produksi hormon pankreas yang berlebihan sering terjadi pada PRIA 1. Banyak jenis hormon pankreas yang berlebih dapat diproduksi berlebihan (lihat halaman kami tentang hormon pankreas). Beberapa hormon sering diproduksi berlebihan tanpa menyebabkan gejala (seperti polipeptida pankreas), sementara hormon lain seperti gastrin (yang dapat menyebabkan sakit perut yang parah dan diare) dan insulin (yang dapat menghasilkan gula darah rendah) dapat menyebabkan gejala penting dan sakit. -kesehatan. Insulin over-produksi adalah yang paling umum pada orang-orang di bawah 30 tahun, sedangkan gastrin over-produksi adalah yang paling umum setelah 30 tahun.

Haruskah Setiap Orang dengan Masalah Gland Endokrin Diuji untuk MEN 1?
Hanya sebagian kecil orang dengan gangguan endokrin mempunyai PRTA 1. Kebanyakan masalah endokrin tidak ada hubungannya dengan PRIA 1. Gangguan endokrin yang mungkin berhubungan dengan MEN 1 adalah mereka yang kelenjar paratiroid, pankreas, dan kelenjar pituitari menjadi terlalu aktif. . Kurang dari 1% dari semua orang dengan parathyroid over-activity (hyperparathyroidism) atau tumor hipofisis memiliki MEN 1. Beberapa jenis tumor endokrin pankreas (gastrinoma {Zollinger-Ellison syndrome} dan insulinoma) lebih mungkin berhubungan dengan PRIA 1. Orang yang memiliki aktivitas berlebihan dari 2 atau lebih kelenjar endokrin di atas harus diperiksa untuk MEN 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar