Kanker Anaplastik

Kanker tiroid anaplastik adalah jenis kanker tiroid yang paling umum. Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang gejala dan pengobatan kanker tiroid anaplastik. Untuk gambaran umum kanker tiroid, Anda dapat membaca artikel Pendahuluan untuk Kanker Tiroid.

Tumor anaplastik adalah yang paling umum (hanya 1% dari semua kasus kanker tiroid) dan paling mematikan dari semua kanker tiroid. Kanker ini memiliki tingkat penyembuhan yang sangat rendah dengan perawatan terbaik. Kebanyakan pasien dengan kanker tiroid anaplastik tidak hidup 1 tahun sejak hari mereka didiagnosis.

Kanker tiroid anaplastik sering muncul dalam kanker tiroid yang lebih terdiferensiasi atau bahkan di dalam gondok. Seperti halnya kanker papiler, kanker tiroid anaplastik dapat muncul bertahun-tahun (lebih dari 20) setelah paparan radiasi. Metastasis serviks (penyebaran kanker ke kelenjar getah bening di leher) terdapat pada sebagian besar (lebih dari 90%) kasus pada saat diagnosis. Kehadiran metastasis kelenjar getah bening di daerah-daerah serviks menyebabkan tingkat kekambuhan lebih tinggi dan prediksi tingkat kematian yang tinggi.

Apa saja gejala umum kanker tiroid anaplastik? Cara paling umum kanker ini menjadi nyata adalah Anda atau anggota keluarga memperhatikan massa yang tumbuh di leher Anda. Ketika dokter merasakan massa leher, biasanya besar dan sangat keras. Tumor ini tumbuh sangat cepat, dan Anda mungkin mengatakan bahwa Anda tidak pernah memperhatikannya hingga beberapa hari atau minggu yang lalu, dan sekarang tampaknya semakin besar setiap beberapa hari.

Kanker tiroid anaplastik menyerang struktur yang berdekatan dan bermetastasis secara luas ke kelenjar getah bening serviks dan organ jauh, seperti paru-paru dan tulang. Invasi trakea hadir dalam 25% pada saat presentasi (dikatakan berbeda, pada sekitar 25% kasus, kanker anaplastik telah tumbuh keluar dari tiroid dan masuk ke trakea). Inilah sebabnya mengapa banyak pasien dengan kanker tiroid anaplastik akan membutuhkan trakeostomi, sementara hampir tidak ada yang menderita kanker tiroid tipe lain yang membutuhkannya.

Kanker tiroid anaplastik yang menyebar ke paru-paru hadir di 50% pasien pada saat diagnosis. Sebagian besar kanker ini begitu melekat secara agresif pada struktur leher vital yang tidak dapat dioperasi pada saat diagnosis. (Dokter bedah tidak dapat menghapusnya karena tumbuh ke struktur leher lainnya). Bahkan dengan protokol terapi agresif, seperti terapi radiasi hyperfractionated, kemoterapi, dan pembedahan, bertahan hidup pada 3 tahun kurang dari 10%.

Karakteristik Anaplastic Thyroid Cancer

    Puncak onset kanker tiroid anaplastik adalah usia 65 tahun dan lebih tua.
    Sangat jarang pada pasien muda.
    Ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita dengan rasio 2: 1.
    Ini biasanya muncul sebagai massa leher yang tumbuh dengan cepat.
    Ini bisa terjadi bertahun-tahun setelah paparan radiasi.
    Penyebaran ke kelenjar getah bening leher hadir di lebih dari 90% kasus.
    Penyebaran jauh (ke paru-paru atau tulang) sangat umum bahkan ketika pertama kali didiagnosis.
    Tingkat kesembuhan keseluruhan sangat rendah.
    Biasanya memerlukan rencana perawatan yang sangat agresif dengan operasi, radiasi, dan kadang-kadang bahkan kemoterapi.
    Sering membutuhkan trakeostomi untuk mempertahankan jalan nafas pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar