Penatalaksanaan Anaplastic Thyroid Cancer

Masalah utama dengan kanker tiroid anaplastik adalah bahwa hal itu biasanya terlalu agresif dan invasif ketika didiagnosis.

Apa saja perawatan kanker tiroid anaplastik yang umum? Hanya sebagian kecil pasien dapat menjalani reseksi bedah kanker dengan harapan menyembuhkannya. Untuk pasien yang didiagnosis pada tahap awal, tiroidektomi total diperlukan. Banyak pasien, terutama mereka yang menderita kanker stadium lanjut dan tidak dapat menjalani reseksi bedah, akan mendapat manfaat dari radiasi sinar eksternal (ini berbeda dengan yodium radioaktif). Kemoterapi adalah pilihan terapi kanker tiroid anaplastik lainnya.

STUDI KASUS: Oktober 2004 hingga 3 September 2005

Pada Oktober 2004, 3 minggu setelah ulang tahunnya yang ke-80, Hakim Agung William Rehnquist didiagnosis menderita kanker tiroid anaplastik. Tidak diumumkan selama beberapa minggu apa jenis kanker tiroid yang dia miliki — hanya saja dia mengidap kanker tiroid.

Tetapi jika kita melihat daftar di atas, kita dapat melihat bahwa kasusnya klasik untuk kanker tiroid anaplastik. Dia menerima beberapa perawatan medis terbaik di dunia, termasuk pemeriksaan fisik tahunan. Massa di lehernya berkembang pesat dan jelas tidak ada setahun sebelumnya — ini sangat khas dari kanker tiroid anaplastik. Dia berada di kelompok usia yang benar karena didiagnosis menderita kanker anaplastik.

Pada hari diagnosisnya, ia menjalani trakeostomi, prosedur yang khas pasien dengan kanker tiroid anaplastik dan sangat jarang untuk jenis kanker tiroid lainnya. Dia segera memulai terapi radiasi sinar-eksternal (sekali lagi, klasik untuk kanker tiroid anaplastik dan hampir tidak pernah digunakan untuk kanker tiroid papiler atau folikuler khas). Dia juga memulai perawatan kemoterapi, yang pada dasarnya tidak pernah digunakan untuk kanker tiroid sel papiler, follicular, dan hurthle.

Pada Kamis, 20 Januari 2005, Hakim Agung Rehnquis memaki George W. Bush sebagai Presiden Amerika Serikat untuk masa jabatan keduanya. Hakim Agung tampak melakukan dengan sangat baik, tetapi dia memiliki jalan yang sulit di depannya.

Pada hari Sabtu, 3 September 2005, Hakim Agung Rehnquist meninggal di rumahnya pada usia 80 tahun. Sayangnya, kasusnya adalah tipikal kanker tiroid anaplastik. Dia meninggal karena penyakit yang didiagnosis kurang dari 11 bulan sebelumnya. Tidak semua orang dengan kanker tiroid anaplastik mati, tetapi sangat penting bahwa penyakit ini ditangkap secara dini dan diobati secara agresif.

Anaplastik Kanker Tiroid Anaplastik

Jika Anda atau anggota keluarga memperhatikan massa yang tumbuh cepat di leher Anda, buatlah janji bertemu dengan dokter. Ini mungkin kanker tiroid anaplastik, dan jika ya, dokter Anda akan menjelaskan pilihan perawatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar