Pengobatan Kanker Tiroid Meduler

Berbeda dengan kanker tiroid tipe papiler dan folikuler, ada sedikit diskusi mengenai cara terbaik untuk mengobati kanker tiroid meduler: jawabannya adalah operasi. Setelah Anda dinilai dan diobati untuk kondisi endokrin yang terkait, seperti pheochromocytomas, (jika ada) semua pasien menjalani tiroidektomi total di mana semua kelenjar getah bening dan jaringan lemak di daerah pusat leher diangkat. Hanya keberadaan kelenjar getah bening yang membesar tidak berarti kanker tiroid meduler telah menyebar. Kelenjar getah bening di sisi leher hanya akan dihapus jika ada dikonfirmasi sel kanker atau tumor yang sangat besar.

Bedah Kanker Tiroid Meduler

Prosedur yang tepat akan tergantung pada pementasan kanker (ukuran dan penyebarannya), kesehatan keseluruhan pasien, dan keahlian ahli bedah. Karena tujuan pembedahan adalah untuk mencapai pengangkatan menyeluruh seluruh kelenjar tiroid dan semua kelenjar getah bening yang rentan dan tinggi di leher, ini memerlukan ahli bedah kanker tiroid yang mampu menyelesaikan prosedur dengan menangani semua penyakit leher sambil mempertahankan penampilan, fungsi, dan kualitas hidup pasien. Dengan cara ini, semua struktur penting, termasuk syaraf ke kotak suara dan semua kelenjar paratiroid yang tidak terkena langsung kanker dipelihara.

Pada tiroidektomi total, sayatan kecil dibuat di leher bagian bawah. Bahkan pasien dengan mutasi RET yang diketahui tetapi tanpa bukti ultrasound kanker tiroid meduler atau tingkat kalsitonin yang tinggi dapat memilih untuk prosedur ini; ini dianggap sebagai tiroidektomi profilaksis, yang menawarkan individu penyembuhan seumur hidup kanker tiroid meduler.

Ketika tumor tiroid medular kecil, pembedahan bukan hanya pengobatan pertama tetapi umumnya satu-satunya pengobatan yang diperlukan.

Jika kanker tiroid meduler harus kambuh atau menetap karena operasi yang tidak selesai, operasi sekunder dari kompartemen pusat mungkin diperlukan.

Tiroidektomi yang Diperpanjang atau Komplikasinya

Kanker tiroid medullar kadang-kadang bisa lebih agresif daripada USG atau CT imaging disarankan sebelum menjalani operasi. Dalam kasus ini, dokter bedah akan mengenali temuan intraoperatif agresif yang tak terduga seperti pertumbuhan atau perluasan kanker di luar kelenjar tiroid atau invasi kanker ke struktur yang berdekatan seperti saraf ke kotak suara (saraf laring berulang), tabung pernapasan (trakea), kotak suara, atau esofagus - harus menyesuaikan operasi untuk mengatasi pengangkatan kanker secara adekuat. Seorang ahli bedah tiroid yang sangat terampil akan dipersiapkan untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk melakukan reseksi bedah lengkap dari semua jaringan kanker.

Radioactive Iodine di Medullary Thyroid Cancer

Meskipun sel-sel tiroid memiliki mekanisme seluler untuk menyerap yodium, kanker tiroid meduler tidak muncul dari jenis sel tiroid ini. Oleh karena itu, terapi yodium radioaktif tidak memiliki peran dalam pengobatan kanker tiroid meduler. Demikian pula, jika kanker meduler menyebar ke tempat yang jauh, itu tidak dapat ditemukan oleh pemindaian yodium cara kanker metastasis kanker tiroid papiler atau folikel dapat.

Untuk orang-orang yang tertarik untuk melihat seperti apa operasi ini, Anda dapat pergi ke tautan berikut dan melihat apa yang disebut tiroidektomi dengan diseksi leher sentral dan diseksi leher anterolateral. Tidak ada perdarahan atau kehilangan darah selama operasi ini. Kehilangan darah rata-rata pada tingkat sendok teh. Ini adalah video nyata dari operasi nyata, oleh karena itu jika Anda merasa tidak nyaman dengan melihat operasi semacam itu, maka jangan pergi ke tautan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar